Diabaikan Panitia , Wartawan Di Buol Boikot Acara Gelar Budaya Indonesiana II "Mongunom Lripu"

basrisdjulunau, 08 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BUOL - Sejumlah wartawan baik media cetak maupun media online yang ada di Kabupten Buol memboikot acara Gelar Budaya Indonesiana II bertajuk "Mongunom Lripu" yang dilaksanakan di Kabupaten Buol, 8 - 11 Oktober 2019. 

Pemboikotan seluruh kegiatan Gelar Budaya Indonesiana II bertajuk Mongunom Lripu tersebut, oleh wartawan yang ada di Buol, pihak panitia dinilai mengeyampingkan keberadaan wartawan yang ada di daerah. 

"Kami kecewa dengan panitia lokal dan panitia provinsi yang menganggap memandang sebelah mata dengan keberadaan wartawan di Buol," kata Firman salah satu wartawan online di Buol. 

Bahkan kata dia, pihak panitia baru menyebarkan undangan untuk para wartawan, tiga jam sebelum acara awal berupa karnaval budaya dimulai. 

" Panitia baru memberi undangan setelah wartawan ribut di group  whatsApp karena belum menerima undangan," katanya. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Rustam salah satu kontributor Harian terbesar di Sulteng yang ada di Buol. Menurutnya, pihak panitia baik panitia lokal maupun provinsi mengeyampingkan peran wartawan dan media lokal dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Yang saya dengar panitia hanya menggunkan media nasional berupa televisi swasta untuk kegiatan Gelar Budaya Indonesiana II tersebut, dengan anggaran yang cukup besar. Sementara wartawan dan media lokal diabaikan," ujarnya. 

Dia menambahkan, pihak penyelenggara baik panitia lokal maupun provinsi benar-benar mengabaikan peran media lokal dan wartawan yang ada di daerah, sehingga para wartawan yang ada di daerah ini sepakat memboikot seluruh liputan terkait dengan kegiatan tersebut 

"Kami menyatakan memboikot seluruh rangkaian kegiatan Gelar Budaya Indonesiana II untuk diliput," tegasnya. 

Sementara itu wartawan lainnya Rahmat dari media online juga mengaku kecewa dengan pihak panitia yang mengabaikan keberadaan wartawan di daerah. 

" Sangat miris panitia mengabaikan peran wartawan di daerah dalam sebuah iven bertaraf nasional bahkan mengaku tak memiliki anggaran untuk  peliputan acara tersebut," tandasnya (Basri Djulunau)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu