Kapolres : Kemitraan Polisi dan Masyarakat Sebagai Motor Penggerak Kamtibmas

basrisdjulunau, 09 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Buol, -Keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) adalah suatu usaha yang seharusnya diciptakan.Sesuai dengan peran Polri yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Hal ini disampaikan Kapolres Buol AKBP Wawan Sunarwirawan SIP.MT saat makan bersama di Cafe W Kelurahan Buol, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah 08/11/2019. 

Menurut Wawan, Polri memiliki peran yang langsung berhubungan dengan masyarakat yaitu harus mampu bekerjasama dengan masyarakat guna menjaga ketertiban, ketentraman, dan norma yang berlaku dalam lingkungan masyarakat.

 " Bentuk usaha Polri mengacu pada SK Kapolri Nomor 737/X/2005 yang berisikan bahwa seluruh anggota Polri diharapkan dapat mendukung penerapan oleh Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat)," ujar Wawan.

Kapolres menambahkan, berdasarkan data tindak pidana yang meresahkan masyarakat di Polres Buol, adanya kemungkinan gangguan kamtibmas khususnya tindakan kriminal yang meresahkan masyarakat, seperti Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)   pencurian kendaraan bermotor, peredaran maupun pemakaian narkoba, dan marakanya konsumsi minuman keras.

" Dengan cara membangun dan membina kemitraan antara polisi dengan masyarakat akan mengurangi tindakan kriminal yang meresahkan masyarakat," beber Kapolres.

Olehnya Kata Kapolres, Pemolisian masyarakat ini bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi adanya tindak kejahatan yang tentunya dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Hal ini dilakukan dengan cara menyatu dengan karakter budaya yang berlaku di wilayah masyarakat tersebut, sehingga dari usaha yang dilakukan dapat diketahui permasalahan apa yang sedang terjadi di dalam masyarakat.

" Yang kemudian antara bhabinkamtibmas dan masyarakat melakukan kemitraan bersama-sama untuk mencari jalan keluar serta menemukan solusi dari permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat," kata Wawan

Lebih jauh jelas Wawan, tujuan utama Polri dalam melakukan kemitraan tersebut. Sehingga antara pihak kepolisian dengan masyarakat dapat saling menghargai hubungan yang telah mereka bina dalam bentuk kemitraan guna mewujudkan lingkungan yang aman, tertib, serta bebas dari rasa takut akan tindakan yang dapat merugikan maupun meresahkan warga masyarakat.

" Dengan menjalin kerjasama yang melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda yang ada di wilayah Desa/Keluarahan serta Kecamatan dengan melakukan siskamling, pam swakarsa atau menjaga kamtibmas, serta melakukan pencegahan dan mengantisipasi gangguan," tutup Kapolres

(Basri Djulunau) 

 
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu