Pemkab Buol Kecolongan: Aktifitas Dua Perusahaan Tidak Kantongi Izin Lingkungan

rahmatsalakea, 13 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BUOL-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buol Sulaweasi Tengah(Sulteng)Kecolongan Selama Dua tahun atas masuknya Dua perusahaan yang beraktifitas tanpa izin lingkungan didesa kokobuka dusun kalaka

Hal itu dibuktikan dengan keberadaan dua perusahaan Kayu yang diketahui hingga saat ini belum mengantongi izin lingkungan PT. Putra Dwi Persada dan PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo

Kepala Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Buol,Sunaryo Raukang, mengaku baru mengetahui keberadaan dua perusahaan yang sudah berlangsung lama dan pihaknya telah melakukan  teguran lisan kepada kedua  perusahaan yang melanggar aturan untuk tidak beroperasi sebelum pengurusan izin tersebut rampung

“kami dapatkan info ada dua perusahan tidak mengantongi izin. Keduanya berada di lokasi, Kecamatan Tiloan Kabupaten Buol. Yaitu PT. Putra Dwi Persada, dan PT. Mitra Cahaya Abadi Metalindo Mereka rata-rata belum lengkap izin lingkungannya,minggu lalu mereka ajukan permohonan,tapi saya baru tau kalau perusahaan itu sudah lama disini” kata Sunaryo kamis (13/02/2020)

Menurutnya, dua pengusaha kayu tersebut baru mengajukan permohonan pada minggu yang lalu,namun baru diketahui jika keberadaannya sudah cukup lama berada di kabupaten buol.

“Disini kami mengadakan teguran pertama secara lisan dengan maksud agar melengkapi semua dokumen itu baik izin lingkungan hidup, tata ruang dan Izin limbahnya, waktu yang kami berikan ” jelasnya.

Teguran itu kata Sunaryo merupakan wujud keseriusan dalam mematuhi aturan dengan harapan baik pelaku usaha maupun pemerintah lebih taat kepada aturan terutama mengenai izin.

“Ini masih belanjut, jika kemudian perusahaan tidak mengindahkan teguran ini maka kami tidak akan memproses dokumennya”ujarnya.

Sunaryo mengaku akan menindak tegas seluruh perusahaan yang masih bandel. Selain sanksi administrasi, perusahaan bandel ini juga terancam dipidana. Hal ini bakal dilakukan jika upaya-upaya yang dilakukan tetap tidak diindahkan oleh perusahaan yang masuk di kabupaten buol 

Dalam pantauan media indonesiasatu.co.id,lemahnya pengawasan yang dilakukan Pemerintahdan Instansi terkait terutama penegak hukum di Kabupaten Buol terhadap aktivitas sejumlah Perusahaan yang terjadi di desa kokobuka,kecamatan tiloan kabupaten buol Terlebih pengambilan kayu ilegal yang terjadi di sana banyak yang ilegal dan tidak mengantongi izin.mengakibatkan dampak sosial serta kerugian negara.Sebagaiamana yang telah diatur dalam peraturan pemerintah Nomor 27 tahun 2012 tentang izin lingkungan.

(Rahmat)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu