WARTA , PALU – Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Rapat Masa Persidangan Ketiga Tahun Kelima, di Ruang Sidang Utama DPRD, Selasa (11/6). Rapat ini membahas dan menetapkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), yaitu:

  1. Raperda Usul Provinsi (Pemprov) Sulteng tentang Penyelenggaraan Perhubungan.
  2. Raperda Usul Prakarsa DPRD Provinsi Sulteng tentang Pemberdayaan dan Desa.
  3. Raperda Usul Prakarsa DPRD Provinsi Sulteng tentang Pengelolaan Sumber Daya Air.
  4. Raperda Usul Prakarsa DPRD Provinsi Sulteng tentang Penyelenggaraan Kepemudaan dan Keolahragaan.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua-I H.Moh.Arus Abdul Karim, dan dihadiri oleh Sekdaprov Sulteng Dra.Novalina.MM, mewakili Sulteng, Wakil Ketua-II DPRD Sulteng Hj.Zalzulmida A.Djanggola.SH.CN, Wakil Ketua-III DPRD Sulteng H.Muharram Nurdin.S.Sos.M.Si, para anggota DPRD Sulteng, kepala-kepala lingkup Pemda Sulteng, dan Sekretaris DPRD Sulteng Siti Rachmi Amir Singi.S.Sos.M.Si.

Penjelasan Raperda

Sekdaprov Sulteng Dra.Novalina.MM, dalam kesempatan ini, menjelaskan Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan. Ia mengatakan bahwa raperda ini sudah lama dinanti dan melalui berbagai diskusi panjang selama beberapa tahun terakhir.

Penyusunan raperda ini didorong oleh berbagai kebijakan pemerintah pusat di bidang perhubungan. Raperda ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum bagi semua pihak yang berkepentingan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan publik yang optimal dalam bidang perhubungan.

Sementara itu, Hj.Wiwik Jumatul Rofi'ah dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menjelaskan tiga Raperda usul prakarsa DPRD, yaitu:

  • Raperda tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa: Raperda ini bertujuan untuk membangun kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa dalam menanggulangi masalah pembangunan, pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan.
  • Raperda tentang Pengelolaan Sumber Daya Air: Raperda ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air guna mencapai kesejahteraan masyarakat.
  • Raperda tentang Penyelenggaraan Kepemudaan dan Keolahragaan: Raperda ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan daerah dan mencapai prestasi yang optimal.

Pandangan Umum Fraksi

Setelah mendengarkan penjelasan Raperda, masing-masing fraksi DPRD Sulteng menyampaikan pandangan umumnya. Secara keseluruhan, fraksi-fraksi menyetujui Raperda tersebut untuk diteruskan pada pembahasan tingkat selanjutnya.

Namun, beberapa fraksi juga memberikan saran dan pertanyaan terkait dengan Raperda tersebut. Saran dan pertanyaan ini akan dijawab oleh tim penyusun Raperda pada pembahasan selanjutnya.

Penutup

ditutup setelah semua fraksi menyampaikan pandangan umumnya. Raperda-raperda tersebut selanjutnya akan dibahas dalam rapat-rapat kerja antara DPRD dan tim penyusun Raperda.