WARTA , – Karnaval Budaya Nusantara terbanyak dalam rangka Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi XVII di dengan jumlah peserta 300 lebih peserta dari 69 Kota se Indonesia salah satu peserta kegiatan tersebut.

Adapun rute Karnaval budaya nusantara pada Rabu malam 04-06-2024 dimulai dari Taman Tiga Generasi, melewati Kantor PDAM, perkantoran , hingga berakhir di Gedung Dome BSCC. Rute tersebut sepanjang 1 kilometer.

Adapun peserta dari kota Palu kata Palu yang diwakili Sekda Kota Palu Irmayanti, S.Sos,M.M, terdiri dari perwakilan seluruh OPD, Camat dan lurah, putra putri daerah dan didik pelajar yang menggunakan kostum daerah serta yang melakukan atraksi meaju semuanya menggunakan khas adat kaili kota palu dengan menggunakan sampolu, baju gembe dan juga baju pajama.

Adapun peserta Karnaval Nusantara Kota Palu yang melaksanakan atraksi meaju dari SMPN 15 Palu. Selanjutnya putra putri daerah yang menggunakan baju karnaval gajah putih atau yang disebut benggabula karya dari Agus Surya Nimprang.

Dan dibarisan selanjutnya ada duta putra putri randa kabilasa Miranti dan Usman Siraja dan prnari siswa siswi.

Dalam karnaval nusantara tersebut, kontingen kota Palu berada pada barisan no urut 20. menariknya, sepanjang rute yang dilalui, ribuan penonton yang berjubel di sisi kanan kiri jalan meneriakkan yel yel selamat datang kontingen kota Palu di Kota Balikpapan.

Para Kota Balikpapan dan sekitarnya sangat kagum dengan peserta Karnaval Nusantara dari Kota Palu. Hingga tampil melewati panggung utama dilokasi BSCC Dome disaksikan Walikota Balikpapan dan puluhan walikota lainnya.

Selain itu juga ditampilkan video selayang pandang Kota Palu. Tampilan peserta karnaval dari kota Palu membuat decak kagum dan apresiasi para pejabat di panggung utama.