WARTA SULTENG, PALU – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) (Sulteng) Irjen Pol Agus Nugroho membenarkan adanya operasi penangkapan terhadap 7 orang yang di duga bagian dari kelompok (JI) di wilayah Sulteng.

Ditemui setelah pelaksaan upacara HUT Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu pagi, (17/4/24), Kapolda hanya menjelaskan secara singkat. Menurutnya, saat ini penangannya masih di penyidik Densus 88 .

“Betul ada penangkapan. Berikan kesempatan tim untuk bekerja ya” singkat Irjen Agus menjawab pertanyaan wartawan.

Informasi yang di himpun wartasulteng, penangkapan 7 orang di duga bagian dari kelompok Jamaah Islamiyah (JI) wilayah Sulteng, atas pengembangan pada penangkapan sebelumnya pada bulan Maret 2023 lalu.

Ke 7 pelaku saat ini telah di amankan di Mako dan dalam penanganan tim penyidiki Tindak Pidana Teror (TPT) Densus 88.

Diberitakan sebelumnya, Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror Mabes Polri melakukan penangkapan di sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Selasa, (16/4).

Berdasarkan sumber wartasulteng, 7 orang yang ditangkap Densus 88 dengan inisial GN-AR-BS-DK di wilayah Palu. MS-HR di wilayah  . Kemudian SK di wilayah Kabupaten Poso.

“7 orang yang di tangkap hasil pengembangan dari penangkapan sebelumnya. 4 orang di Palu, 2 di Sigi dan 1 orang di wilayah Poso” ungkap sumber.

Penangkapan di lakukan pada Selasa pagi di wilayah Kota Palu, Sigi dan Kabupaten Poso. Setelah melakukan penangkapan, tim pun melakukan penggeledahan di sejumlah rumah yang di duga menyimpan barang bukti kegiatan-kagiatan yang berkaitan dengan aksi teror.

Sementara, dari barang bukti yang di sita dalam penggeledahan, di duga ke 7 orang tersebut terlibat bagian dari donatur sebuah yayasan di Kabupaten Sigi.

Burhan, Ketua RW 3 Talise Valangguni yang ikut menyaksikan penggeledahan oleh tim penyidik Densus mengatakan, barang bukti yang di sita sejumlah laptop, Hp, hingga sejumlah dokumen.

“Yang di amankan 2 laptop dan Hp serta dokumen ketersediaan jadi donatur. 2 orang yang di tangkap atas nama Bambang dan Arman, semua warga saya” ujar Burhan.

Dari pengamatan jurnalis wartasulteng.com, selain menggeledah 2 rumah di jalan Lagarutu, Talise Valangguni, Kota Palu, tim Densus lalu bergerak ke wilayah Kawatuna dan wilayah kompeleks perumahan di desa Kalukubula, Kabupaten Sigi. (OD)