WARTA , – Dinas (Dispar) Provinsi mentargetkan penguatan investasi dan industri pariwisata serta meningkatkan kunjungan wisatawan yang diperhitungkan bertambah pada tahun 2024.

“Kalau kita melihat program nasional ‘Bangga Berwisata di Indonesia', tahun lalu kita di beri target 5,5 juta kunjungan wisatawan nusantara, padahal renstra kita tidak setinggi itu, dan, kita sendiri cukup melebihi target” kata Diah Agustinigsi, Dinas , setelah pembukaan Rakornis Dinas Pariwisata se-Sulawesi Tengah, Rabu, (28/02/24) di kawasan wisata Bone Oge, Donggala.

Tahun 2024, Pariwisata Sulawesi Tengah di beri target dari Pusat, untuk pengembangan sejumlah objek wisata, baik wisata dan kepulauan, wisata kuliner, ekonomi kreatif dan kriya.

Di tahun 2023 lalu, kunjungan wisatawan, khususnya wisatawan nusantara mencapai angka 5 juta wisatawan, dan 8 ribu lebih untuk wisatawan mancanegara.

“Dari data kunjungan tersebut, Sulteng mampu menyumbang pemasukan dari sektor pariwisata, Ini pun akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat nantinya” ungkap Diah.

Dalam pembukaan Kordinasi Teknis (Rakornis) Dinas Pariwisata se-Sulawesi Tengah yang di laksanakan di pantai Kura-Kura Donggala itu, Diah mengajak seluruh -Kota berkolaborasi untuk meningkatkan akses pariwisata di wilayah mereka.

“semua kabupaten kota akan mendapatkan rejeki dan berkembang industrinya jika kita berkolaborasi. bersinegri mendukung penguatan investasi dan industri pariwisata maupun pengembangan kawasan ekonomi kreatif” tutup Diah”. (Od)