WARTA , SIGI – Banjir dengan membawa material lumpur terjang dan desa di Rabu , (17/4/24).

Update Laporan Pusat Pengendalian Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD (Sulteng) pada pukul 14.00 Wita, Kamis, (18/4) menuliskan, banjir mengakibatkan sedikitnya berdampak ke 164 rumah warga, bayi, balita dan juga lansia.

“Desa Balongga terdampak 73 rumah warga dan berdampak 61 rumah warga. 6 bayi, 14 balita, 10 lansia di desa Sambo. Selain itu juga berdampak ke 691 jiwa warga di dua desa tersebut, tulis laporan Pusdalops .

Masih dari laporan Pusdalops BPBD Sulteng, banjir juga berdampak pada kerusakan jalan di desa Balongga sepanjang 150 Kilometer, serta area persawahan dan perkebunan seluas 85 hektar dari dua desa.

Selain itu, dampak banjir juga merusak 5 unit fasilatas umum, dan dilaporkan 384 jiwa warga desa Balongga masih mengungsi.

“Situasi akhir banjir telah surut, warga yang terdampak sudah mengungsi di lokasi pengungsian dan rumah-rumah warga” demikian laporan Pusdalops BPBD Sulteng.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah juga melakukan assessment, kordinasi dinas PU Sigi untuk membersihkan sisa-sisa dari material banjir.

Saat ini, warga di dua desa sangat membutuhkan bantuan seperti, , terpal, selimut, perlengkapan bayi, dan air bersih. (Od)