WARTA , – Tim dosen Palu, melalui Program D3 Kebidanan, yakni Sri Yanti Kusika, S.SiT, M.Kes, Niluh Nita Silfia, SST, M.Keb, Asriwidyayanti, SKM, MM serta beberapa Mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Palu, memberikan edukasi dan optimalisasi tentang pencegahan anemia kepada ibu hamil dan kader di wilayah Kayumalue Ngapa, Palu (08/03/2024)

“Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan yang diikuti oleh 15 orang peserta yang terdiri dari ibu hamil,” kata Ketua Tim dosen Sri Yanti.

Ia mengatakan, selain kegiatan penyuluhan, dilakukan pula pengukuran tekanan darah, pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin, diskusi, serta layanan konsultasi yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa yang ikut dalam Tim pengabdian masyarakat. Di tempat yang sama Tim dosen yang lain, Niluh mengungkapkan jika pencegahan anemia pada ibu hamil dapat dilakukan melalui pola sehat dengan gizi seimbang, mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan protein serta suplementasi zat besi yaitu dengan tablet zat besi untuk ibu hamil.

“Dengan penyuluhan yang kami sampaikan ini dapat diimplementasikan oleh para ibu hamil dan dibantu oleh kader sebagai penggerak dalam program-program kesehatan yang dilakukan oleh puskesmas Tawaeli sebagai penanggung jawab kesehatan masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas ” ungkapnya.

Bidan Penanggungjawab di Puskesmas Tawaeli, Dwi Lestari, A.Md.Keb, mengungkapkan mereka berterimakasih atas kegiatan yang diprakarsai oleh tim dosen dari Prodi D3 Kebidanan Palu.

“Kami senang dengan adanya kegiatan pendidikan kesehatan berupa penyuluhan anemia pada ibu hamil di wilayah Puskesmas Tawaeli ini, dan semoga kedepan ada lagi penyuluhan seperti ini tapi dengan topik yang lain” harap Dwi.

Nurva salah satu ibu hamil yang ikut kegiatan ini memperoleh informasi lebih banyak tentang bahaya anemia dan komplikasi yang dapat timbul pada masa kehamilan akibat kekurangan sel darah merah.

“Penyuluhan kali ini menyenangkan karena kami jadi tau bagaimana mencegah anemia itu serta akibat dari anemia pada ibu hamil itu, jika kami tadi tidak datang maka kami ketinggalan informasi itu”ungkapnya. (**)