WARTA , PALU – Seorang yang diduga sebagai pelaku dalam seleksi penerimaan anggota Tentara Nasional Indonesia () tahun 2024 akhirnya ditangkap.

Pelaku langsung di gelandang ke . Setidaknya ada empat warga yang menjadi korban. Pelaku berdalih bisa meluluskan mereka melalui jalur khusus tanpa tes.

“Pelaku sudah diamankan dan saat ini masih dalam perjalanan menuju Palu dari Manado, Sulawesi Utara,” kata Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sulteng, Kompol Sugeng Lestari, dalam keterangan pers pada Selasa (28/5/2024).

Sugeng juga menyebutkan, pelaku berinisial IWS (46), beralamat di Jalan Bulumasomba, Kelurahan Lasoani, Kecamatan Mantikolore, Palu.”Untuk sementara, ada empat orang yang menjadi korban, semuanya warga dari Kabupaten Poso,” ujarnya.

Modus pelaku adalah menjanjikan korban untuk masuk menjadi anggota TNI melalui jalur khusus atau tanpa tes, ungkap Kasubbid Penmas.

Sugeng juga mengungkapkan, dari perbuatannya tersebut, pelaku telah menerima sejumlah uang dari para korban sebesar kurang lebih Rp 587.280.000 yang diserahkan secara bertahap.

pelaku ini berkat sinergi antara jajaran TNI dan di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Dengan tertangkapnya pelaku IWS ini, Sulawesi Tengah yang pernah menjadi korban dengan modus yang sama dipersilakan melapor ke Polda Sulteng, pungkasnya.**