WARTA , DONGGALA Jurusan Kebidanan Program Studi Sarjana Terapan (S. Tr) Kebidanan melaksanakan program pengabdian dengan memberikan di Desa Guntarano, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Rabu (29/05).

Dalam kegiatan ini, tim Poltekkes yang terdiri dari dosen Hadija Batjo, S.SiT., MPH, Prof. Anna Veronica Pont, MM., MH, Muliani, S.Kep., Ns., M.Sc, Olkamien, S.Kep., Ns., M.Sc, Gusman Arsyad, S.SiT., M.Kes, Udin, SKM., M.Si, Hadriani, SST., M.Keb, Hadina, SST., M.Keb, Mercy Joice K., SKM., M.Kes, Wiji Suliani, SKM, Zakiah Radjulaeni, M.Tr.Keb, , dan tenaga , melakukan pemeriksaan kesehatan, konsultasi medis, penyuluhan kesehatan, serta mengadakan senam yoga untuk .

Ketua Prodi S.Tr Kebidanan, Hadija Batjo, SSiT., MPH, menyatakan bahwa pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan Desa Guntarano.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang kesehatan, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan,” tuturnya.

Hadija menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Poltekkes untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama di daerah terpencil yang sulit mengakses layanan kesehatan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih peduli terhadap kesehatan pribadi dan keluarga, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ibu dan secara preventif,” ujarnya.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Hadriani, SST., M.Keb, mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah pemberdayaan kesehatan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

“Kegiatan kali ini kami fokuskan pada 40 warga yang sempat berkumpul di Pustu Desa Guntarano. Mereka diedukasi oleh tim dosen dan mahasiswa tentang skrining penyakit jantung bawaan pada bayi baru lahir, ASI eksklusif, dan skrining hipotiroid kongenital yang merupakan langkah awal menuju pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal,” jelasnya.

Pengabdian masyarakat ini mendapatkan respon positif dari warga Desa Guntarano. Mereka antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan dan bertanya mengenai berbagai masalah kesehatan yang mereka hadapi.

Seorang warga yang enggan disebut namanya mengungkapkan rasa terbantu dan bersyukur atas adanya layanan kesehatan gratis yang diberikan oleh Poltekkes Kemenkes Palu Prodi S. Tr Kebidanan.

“Program pengabdian masyarakat seperti ini diharapkan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat, serta membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan kami di desa ini,” harapnya.(**)