WARTA , PARIGI MOUTONG Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Jurusan Keperawatan , menunjukkan kemampuan mereka dalam menangani kegawatdaruratan di daerah pesisir pantai melalui yang diadakan di Pos TNI AL, Desa Lebo, Parigi Moutong, pada 29-30 Mei 2024.

Direktur Poltekkes Kemenkes Palu, yang diwakili oleh Wakil Direktur I, Dr. Nurmiaty, S.Si.T, MPH, dalam pembukaan simulasi ini menyatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi Poltekkes Kemenkes Palu untuk menghasilkan tenaga yang profesional dan kompeten, khususnya dalam menangani kegawatdaruratan di daerah pesisir.

“Simulasi ini terlaksana dengan baik berkat kerjasama antara Poltekkes Kemenkes Palu dengan BPBD, Dinas Kesehatan, Pos , Pos TNI Angkatan , dan Dinas Sosial Kabupaten Parigi Moutong,” katanya.

Selain itu, Nurmiaty berharap melalui kegiatan yang menghadirkan dua dosen Prodi Ners, yakni Dr. Irsanty Collein, M.Kep, Ns., Sp.Kep.MB, dan Pak Ismunandar, S.Kep, Ns, M.Kes, mahasiswa Prodi Pendidikan Profesi Ners, Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palu dapat lebih siap menghadapi situasi gawat darurat di daerah pesisir pantai dan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada .

“Simulasi ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam memberikan bantuan hidup dasar, melakukan evakuasi dan transportasi korban di laut, melakukan pembidaian dan pembebatan, menghentikan perdarahan, menangani cedera akibat binatang laut, menerapkan perencanaan kejadian darurat, menangani korban secara massal, dan mengelola sumber daya dalam situasi darurat,” ujarnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan & Kesra Kabupaten Parigi Moutong, Bapak Mawardin, SS, M.Si., yang mewakili Pj Bupati Parigi Moutong. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan mengingat Parigi Moutong merupakan daerah dengan demografis pesisir pantai yang rentan terhadap bencana,” singkatnya. **