WARTA SULTENG, diwakili Asisten bidang Administrasi Umum Setda Palu, Imran Lataha, SE.,M.Si menghadiri puncak peringatan Hari Peduli Nasional (HPSN) Tahun tingkat , pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Kegiatan yang berlangsung di TPA Poi Panda, Kelurahan Kawatuna, Kota Palu ini dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup () Kota Palu, dengan mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif.”

Asisten Imran yang membacakan sambutan tertulis wali kota menyampaikan bahwa, permasalahan sampah plastik bukanlah sebuah pekerjaan mudah dan tanpa tantangan.

Olehnya, untuk kesuksesannya, dibutuhkan menyelenggarakan kegiatan yang kolaborasi dengan keikutsertaan berbagai pihak, termasuk .

“Harapannya kedepan, peranan masyarakat dalam memilah sampah-sampah plastik. Sehingga tidak semua terbuang di TPA kita. Saya kira -kerja ini sudah terlihat,” ujar asisten.

Asisten menyatakan, HPSN yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, merupakan sebuah kontalasi perjalanan panjang sistem pengelolaan sampah.

Sehingga bukan hanya fokus ke pengelolaan sampah terintegrasi saja, namun dapat memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan dan ekosistem kehidupan global.

“Yaitu melalui penurunan emisi gas rumah kaca dan sektor limbah,” lanjut asisten.

Pengelolaan sampah plastik saat ini, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan Kota Palu, sekaligus manifestasi dari salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan.

Yaitu _waste to resource_ melalui cara kerja ekonomi sirkular dan sampah menjadi sumber energi dan berdimensi ekonomi berkelanjutan.

Dalam Puncak HPSN tahun 2024 tingkat Kota Palu ini, juga dilaksanakan penganugerahan penghargaan kepada pejuang lingkungan dalam bidang persampahan dan RTH dengan berbagai kategori.

Di antaranya yakni, kategori Koordinator Kecamatan/Koordinator Lapangan, Satuan Tugas Kelurahan, Supir (Armada Sampah, R6+Supir Pickup, Armada Penyiram Taman, Armada Pertamanan, Armada Penghijauan dan Dekorasi Kota).

Kemudian kategori Pelaku Usaha, Bank Sampah Unit (aktif), Petugas TPA Poi Panda Kawatuna, dan kategori Petugas Lapangan bidang RTH.

“Mudah-mudahan penghargaan ini menjadi motivasi dari teman-teman, sehingga dapat semakin meningkatkan kinerjanya,” harap asisten. (**)