WARTA , – Gubernur menetapkan program, “Tangguh Bersinar”, yang bertujuan untuk mempercepat penurunan dan kemiskinan di provinsi Sulaweai Tengah.

Program penurunan stunting akan berkolaborasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (), termasuk Sulawesi Tengah.

Dikatakan Sekretaris () DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) Siti Rachmi A, Singi, Program ini melibatkan berbagai tahapan, termasuk persiapan dan pelaksanaan.

“Tahap persiapan melibatkan Bappeda dalam penyusunan pedoman teknis dan sosialisasi. Sementara itu, tahap pelaksanaan melibatkan identifikasi masalah di lapangan oleh perangkat daerah” katanya, Senin (12/0224).

Menurut Siti Rachmi, identifikasi masalah masih terus berlangsung, dengan beberapa tantangan seperti akses ke wilayah terpencil dan validitas data. Setelah identifikasi selesai, laporan akan disampaikan kepada Wakil Gubernur sebagai penanggung jawab program untuk evaluasi dan pengambilan keputusan lebih lanjut.

“Perangkat daerah, termasuk Sekretariat DPRD, akan berperan sebagai pendamping dalam pelaksanaan program ini. Mereka akan memfasilitasi bantuan dari perusahaan dan lembaga lainnya melalui CSR untuk mendukung upaya penurunan stunting dan kemiskinan” Ujarnya.

Program ini pun akan berjalan dengan perangkat daerah teknis seperti BKKBN dan Dinas untuk melakukan intervensi yang tepat sesuai dengan temuan lapangan.

“Meskipun program ini baru dimulai, evaluasi akan dilakukan secara berkala setiap tiga bulan untuk memastikan bahwa target penurunan stunting dan kemiskinan tercapai” tutupnya. (OD)