WARTA , – Sudah lebih dari sebulan cuaca di masih terus di guyur hujan dengan intensitas sedang bahkan hingga lebat.

Kondisi ini membuat hampir sebagian wilayah Kabupaten di Sulteng dilanda musibah dan juga tanah longsor.

Pagi ini, Rabu, (10/7), Pusat Pengendalian Penanggulangan Bencana () Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah, melaporkan musibah banjir kembali melanda tiga Kecamatan di Kabupaten .

“Informasi kejadian banjir Desa Sukamaju, Kecamatan Batui dan juga sebagian wilayah di Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai” kutip laporan .

“Banjir juga melanda Desa Karanganyar dan Desa Toili, Kecamatan Moilong, Banggai” demikian laporan Pusdalops BPBD Sulteng.

Banjir di tiga Kecamatan di Kabupaten Banggai tersebut di picu intensitas hujan yang tunggi terjadi diwilayah setempat. Banjir juga dilaporkan merendam empat desa diwilayah itu.

“Di Desa Ondu Ondolu 1, Kecamatan Batui, banjir juga berdampak ke 500 meter jalan desa yang terendam tidak bisa dilalui juga 5 hektar lahan perkebunan” tulis laporan BPBD Sulteng.

Di Desa Sukamaju, Batui Selatan, banjir merendam pemukiman dengan jumlah 30 Keluarga (KK), serta 4 fasilitas umum.

Sementara, Desa Karanganyar, Kecamatan Moilong, lebih dari 50 rumah terendam, Desa Toili masih dalam pendataan.

“Saat ini, diwilayah lokasi yang dilanda banjir, hujan masih terus terjadi. Petugas BPBD masih terus melakukan assesment dan berkordinasi dengan otoritas terkait lainnya untuk mengantisipasi apabila hujan tak kunjung berhenti” tutup laporan Pusdalops BPBD Sulteng. (*)