WARTA , PALU diwakili Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM secara resmi memulai Ala Rangking Satu yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup () Kota Palu, pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Taman Nasional depan Gedung Juang ini, diikuti sejumlah perwakilan di lingkup Kota Palu, dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024 tingkat Kota Palu.

Dalam sambutannya, Irmayanti mengatakan melaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati HPSN tahun ini, salah satunya Rangking Satu.

“Alhamdulillah kita bisa kembali bertemu untuk peringatan HPSN. Kemarin kita telah melaksanakan kegiatan kerja bakti, dan hari ini Rangking Satu seperti tahun lalu kita laksanakan,” kata Sekkot.

Selain itu, lanjut Sekkot, ada kegiatan lain yang dilaksanakan, seperti penanaman pohon, lomba desain tas daur ulang, hingga malam puncak HPSN yang akan digelar di TPA Poi Panda, Kelurahan Kawatuna, Kota Palu.

“Mudah-mudahan kita semua bisa hadir untuk malam puncak di TPA Poi Panda,” harap Sekkot.

Sekkot menyatakan, Palu terus berkomitmen untuk fokus terhadap kebesihan lingkungan di Kota Palu, sehingga usaha-usaha yang dilakukan sudah membuahkan hasil.

“Apa yang kita capai hari ini, harus terus kita pertahankan dan kita tingkatkan. Sehingga ini bukan keterpaksaan, tapi sudah menjadi keseharian kita dalam kebersihan lingkungan,” ungkap Sekkot.

Sekkot berharap, kerja-kerja yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu akan membuahkan hasil setelah dilakukannya penilaian oleh Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Kota Palu.

“Semoga apa yang kita dambakan, dapat kita raih,” harap Sekkot.

Dalam kesempatan ini, Sekkot Irmayanti juga mengingatkan jajaran Pemerintah Kota Palu, terhadap retribusi daerah yang merupakan sumber pendapatan Kota Palu.

“Ayo kita yang mendahului membayar retribusi, mulai dari saya, kepala dinas, hingga staf. Dengan begitu, kita jadi contoh untuk mendahului segala kebijakan yang kita terapkan,” ajak Sekkot.

Sekkot juga mengingatkan jajaran ASN Pemerintah Kota Palu untuk mengutamakan kebersihan kantor di OPD masing-masing sebagai upaya memberikan contoh bagi Kota Palu.

Di akhir sambutannya, Sekkot menyampaikan ucapan selamat memperingati hari peduli sampah nasional, semoga Pemerintah Kota Palu tetap konsisten dengan kebersihan yang dicapai hari ini.

“Semoga kita menjadi contoh daerah dengan penerapan kebersihan lingkungan,” tambah Sekkot.